Home » Tata Tertib » Untuk Dosen

Arsip

Kategori

Untuk Dosen

Prosedur Penggunaan Laboratorium oleh Dosen

 Untuk keperluan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, dosen Unila dapat menggunakan fasilitas laboratorium dengan persetujuan ketua jurusan/bagian/satuan dan kepala laboratorium dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Dosen menyediakan bahan dan sejenisnya yang habis terpakai (seperti, bahan kimia, kertas, tissue, pipet tetes, tinta, dan lain-lain)
  2. Dosen dapat meminjam alat/instrumen yang ada di laboratorium.
  3. Apabila dosen memerlukan bantuan dari karyawan laboratorium selama jam kerja untuk melaksanakan penelitiannya, maka dosen tersebut harus membayar jasa karyawan tersebut (dianggap lembur).
  4. Dalam hal dosen melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mendapat sumber dana, maka dosen itu harus menganggarkan biaya listrik dan penyusutan alat/instrumen yang digunakan serta menyerahkan dana tersebut kepada bendaharawan laboratorium/jurusan/fakultas/universitas sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  5. Sebelum menggunakan alat/instrumen, dosen harus memahami cara pemakaian, prosedur, dan lain-lain. Jika diperlukan dapat dilakukan bersama-sama dengan laboran atau kepala laboratorium.
  6. Menempati ruang, meja, atau tempat kerja dan waktu sesuai dengan konsensus dengan kepala laboratorium.
  7. Memakai pakaian khusus yang telah ditetapkan, seperti jas laboratorium.
  8. Segera mengembalikan alat yang dipinjam paling lambat 1 minggu setelah penelitian selesai. Keterlambatan pengembalian dapat dikenakan denda sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  9. Bertanggung jawab terhadap kebersihan semua alat dan tempat yang digunakan.
  10. Alat yang dibeli dari proyek oleh dosen dititipkan di laboratorium dan diatur penggunaannya oleh kepala laboratorium.
  11. Jika ada alat, barang, dan yang sejenisnya rusak atau hilang selama penelitian atau pengabdian kepada masyarakat itu berlangsung, maka dosen tersebut harus segera menggantinya dengan kualitas yang sama.
  12. Jika ada kerusakan alat/instrumen yang masih dapat diperbaiki, maka dosen dapat memperbaikinya sampai alat/instrumen tersebut dapat berfungsi secara normal.

Jika dosen bekerja di luar jam kerja yang berlaku, maka dosen memberitahukan kepada kepala laboratorium.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *